Dampak Kebiasaan Mencontek

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape

Mencontek sepertinya sudah menjadi kebiasaan sebagian mahasiswa. Cara menconteknya pun semakin lama semakin beragam dan canggih. Padahal mencontek punya dampak buruk bagi pelakunya. Dampak buruk ini ada yang langsung dirasakan akibatnya, tapi ada juga dampak yang sifatnya jangka panjang. Mencontek memiliki dampak buruk diantaranya, yaitu:

  1. Semakin Malas Belajar
    Orang yang suka mencontek tidak akan punya motivasi belajar yang tinggi. Mereka justru semakin malas belajar dan mengandalkan contekan ketika menghadapi ujian. Akibatnya sangat jelas, pelajar dan mahasiswa seperti ini mungkin bisa dapat nilai bagus tapi pasti tidak bisa menguasai ilmu yang seharusnya mereka tahu.
  2. Menjadi Pembohong
    Dalam menyontek bukan hanya membohongi diri sendiri namun juga membohongi orang lain. Selain itu, jika terbiasa menyontek akan terbiasa berbohong, yang nantinya bisa jadi segala perkataan dan perbuatan tidak akan dipercayai orang lain.
  3. Meragukan Kemampuan Sendiri
    Saat terbiasa mencontek, sama saja membuat bergantung pada contekan dan tidak berani ujian tanpa contekan. Akibatnya, jadi meragukan kemampuan diri dan jadi merasa tidak bisa lulus ujian tanpa contekan.
  4. Tidak Siap Ujian Dadakan
    Kalau ujian terjadwal maka sudah siap contekan, tapi kalau ujiannya dadakan, bagaimana? Pasti bingung sendiri dan kehilangan kepercayaan diri karena tidak pegang contekan. Kalau rajin belajar, ujian kapanpun pasti akan siap!
  5. Menghambat Kreatifitas
    Ketika terbiasa menyontek, akan kesulitan untuk mengembangkan ide dan kreativitas. Pasalnya, seseorang akan cenderung meniru pekerjaan orang lain tanpa mencoba berpikir untuk mengembangkan ide.

Cek info kampus menarik lainnya hanya di www.esiakad.com

#esiakad #sisteminformasiakademik #siakad #kampus #kampusindonesia #mahasiswa #mahasiswi #kuliah #universitas #indonesia #wisuda #sbmptn #masukkampus #mahasiswaindonesia #beasiswa #pendidikan #infokampus #infokuliah #anakkuliah #universitasindonesia #kampuszone #kampusku #wisuda #seputarkuliah #akademik #perguruantinggi #dosen #snmptn #skripsi #jurusan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!