Tips Mengatasi Stres

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Tips Mengatasi Stress

Kamu pernah mengalami stres? Stres menghadapi kenyataan?

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang, apalagi jika terjadi pada kalian para mahasiswa yang penuh dengan jadwal sandiwara. Ternyata stres yang normal bisa memberikan efek positif juga lho, misalnya membantu kamu bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa deadline pengerjan makalah. Namun harus tetap hati-hati, stres bisa berefek negatif juga jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Untuk mengatasi stres, lakukan hal-hal yang dapat membuat tubuh dan pikiranmu merasa relaks, seperti:

  1. Mendengarkan Musik
    Mendengarkan musik favorit bisa membuat kamu merasa lebih baik. Penelitian telah mendukung efek positif musik pada otak dan tubuh seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres.
  2. Makan Makanan Manis
    Di saat mengonsumsi makanan manis, hormon serotinin meningkat. Hormon serotinin adalah hormon yang dapat menimbulkan perasaan positif pada seseorang sehingga terhindar dari depresi. Ini membuat meningkatnya rasa nyaman sehingga stresnya turun dan menurunkan hormon kortisol penyebab stress.
  3. Berlibur
    Solusi yang satu ini sudah tidak asing lagi karena memang berlibur dapat meningkatkan emosi positif. Tubuh dan pikiran akan relaks dan tingkat stres akan menurun.
  4. Tidur Cukup
    Tidur kurang dari 7-8 jam adalah salah satu faktor di balik terjadinya stres. Maka tidurlah dengan porsi yang cukup agar menurunkan tingkat hormon stres di dalam tubuh.

Semoga tips diatas bisa membantu kamu, para mahasiswa yang memiliki banyak list tugas sehingga sering mengalami stres dan bigung mau ngapain. Tips mana yang cocok untuk mengatasi stresmu? Atau kamu punya solusi termanjur yang lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!